Skip to main content

Lingkungan Belajar dan Bermain yang Baik untuk Anak

Gambar terkait
Contoh tempat belajar dan bermain yang nyaman untuk anak

Seperti yang kita ketahui, karakter dan perilaku seorang manusia pastilah dibentuk oleh lingkungannya. Baik itu lingkungan keluarga tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, lingkungan sekolah tempat ia belajr, maupun lingkungan rumah tempat ia tinggal. Sebagai contoh, seseorang yang dibesarkan di rumah yang bersih dan terawat secara tidak langsung akan membentuk kebiasaan orang tersebut untuk selalu menjaga kebersihan, baik itu tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kerapihan.
Begitu pula yang harus diterpkan pada lingkungan belajar dan bermain anak. Terlebih ketika di sekolah, tempat anak menimba ilmu dan mengahbiskan separuh harinya di lingkungan kelas sekolah. Sekolah harus dapat membuat anak merasa aman dan nyaman, sehingga anak dapat bereksplorasi dan berinteraksi dengan bebas bersama teman-teman sebayanya. Selain itu, kelas yang ditata dan dihias semenarik mungkin akan menumbuhkan rasa pensaran dan mendorong kreativitas pada anak sehingga ketika memasuki ruang belajar, anak justru akan merasa bersemangat karena ruang kelas tidak semata-mata terfokus pada kegiatan akademik.
Selain itu, aspek kesehatan seperti sanitasi dan sirkulasi udara di dalam kelas juga harus diperhatikan. Pastikan cahaya di ruangan mencukupi untuk kegiatan membaca dan menulis, sehingga penglihatan anak tidak terganggu. Jika ruang kelas dirasa terlalu lembab dan gelap dapat dilakukan penyusunan ulang. Penyusunan ulang juga diperlukan apabila anak merasa jenuh atau ruangan diatur sedemikian rupa sehingga anak-anak tetap berada dalam pengawasan guru.

Gambar terkait
Contoh ruang belajar dengan ventilasi yang baik dan penerangan yang cukup
 Dapat kita simpulkan bahwa banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari lingkungan belajar dan bermain yang baik untuk anak. Hal itu dikarenakan lingkungan yang baik dan tertata dapat membuat anak merasa nyaman sehingga mereka dapat fokus untuk belajar dan melakukan aktivitas lainnya. 


Desember 2018
Autasya Safira

Comments

Popular posts from this blog

YUK KENALAN SAMA KSPA UNJ

     Hai sobat pena! Pernahkah Anda mendengar atau melihat sebuah kelompok atau suatu komunitas? Bagaimana dengan komunitas sepeda ontel, atau komunitas pencinta alam, tahukah Anda apa itu komunitas atau kelompok? Jadi, komunitas atau kelompok dapat diartikan sebagai suatu kumpulan individu-individu yang memiliki keterikatan satu sama lain sehingga saling berinteraksi demi mencapai tujuan bersama.       Sobat pena semua pasti mengetahui dan bahkan sedang atau pernah mengikuti organisasi yang ada di sekolah maupun di kampusnya masing-masing. Benar bukan? Nah, organisasi itu juga termasuk ke dalam suatu kelompok atau komunitas loh sobat. Tetapi, apakah teman-teman menyadari mengapa organisasi atau kelompok atau komunitas itu dibentuk? Memang apa pentingnya untuk kita mengikuti suatu organisasi tertentu?       Jadi begini sobat, adanya organisasi-organisasi tersebut pada dasarnya berfungsi sebagai wadah bagi kita untuk menambah wawasan dan pengalaman yang tidak sobat dapatkan m

Tahapan TKK KSPA UNJ yang mandiri

Kelompok Sosial Pencinta Anak Universitas Negeri Jakarta (KSPA UNJ), merupakan sebuah organisasi mahasiswa tingkat Universitas yang bergerak di bidang sosial dan  concern  pada pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. KSPA UNJ yang telah berdiri selama 36 tahun senantiasa memiliki produk yaitu Taman Kanak-kanak (TK) non-profit yang diperuntukkan untuk anak-anak dari kalangan masyarakat prasejahtera. Sejak 36 tahun lalu, TK KSPA UNJ selalu membuka TK di lokasi yang berbeda-beda atau pun tidak menetap dengan jangka waktu beberapa tahun, itu sebabnya TK KSPA disebut dengan Taman Kanak-kanak Keliling (TK Keliling KSPA UNJ).  Tujuan utamanya adalah sampai TK Keliling KSPA UNJ yang awal terbentuknya merupakan TK Tunas berhasil menjadi TK Mandiri dengan melalui tahap TK Binaan. Sebagai salah satu upaya pembinaan juga , KSPA UNJ memiliki kader, yaitu orang yang diberdayakan untuk menjadi TK Keliling KSPA UNJ dengan berbagai pelatihan kepengajaran anak usia dini (AUD). Ketiga taha

Celebration Month of Children and Graduation (COIN) 2023 - KSPA UNJ

  Celebration Month of Children and Graduation (COIN) 2023 - KSPA UNJ Pada beberapa waktu lalu, KSPA atau Kelompok Sosial Pencinta Anak Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan sebuah acara Celebration Month of Children and Graduation yang terdiri atas berbagai macam lomba dan kegiatan talkshow . Acara COIN ini diadakan dalam rangka memperingati hari anak sekaligus menyelenggarakan wisuda TK KSPA UNJ yang rangkaiannya digabung bersama program EHA (Euforia Hari Anak) bertemakan “Pentingnya Peran Orangtua terhadap Aktivitas Gadget Anak Usia Dini.” Gambar 1. Poster Talkshow COIN KSPA   Tema “Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Aktivitas Gadget Anak Usia Dini” kami usung sebagai bentuk kekhawatiran kami terhadap kontaminasi gadget pada anak usia dini. Semakin mudahnya akses gadget pada anak-anak sudah menjadi hal yang mengkhawatirkan dalam beberapa tahun kebelakang, terutama semenjak pandemi dimana segala aktivitas kehidupan dilaksanakan secara digital. Gadget memiliki banyak